Apa yang dimaksud dengan PONZI

Charles Ponzi (wikipedia)
Ponzi adalah skema investasi yang membayar keuntungan investor dari hasil pembayaran investor lain bukan dari keuntungan sebuah usaha. Ini hanya seperti money game dimana pemodal tidak benar – benar menginvestasikan dananya di binsis yang nyata.

Ponzi diperkenalkan oleh Charles Ponzi tahun 1920. Siapakah Charles Ponzi? Nama lainya adalah Charles Ponci, Carlo and Charles P. Bianchi adalah pria kelahiran Italia tahun 1882 di daerah Lugo. Pada tanggal 15 November 1903, ia tiba di Boston kapal SS Vancouver . Pada waktu itu dia, Ponzi hanya memiliki $ 2,51 di sakunya , setelah menghabiskan uangnya untuk melakukan pelayaran . " Aku mendarat di negeri ini dengan $ 2,50 tunai dan dengan $ 1 juta harapan , dan harapan-harapan tidak pernah meninggalkan saya, " ia mengatakan kepada The New York Times .Kemudian dia belajar bahasa Inggris dengan cepat dan bekerja sebagai pencuci piring di sebuah restoran , di mana ia tidur di lantai . kemudian dia bekerja menjadi pelayan tapi dipecat karena pencurian.



Untuk menarik korbanya investasi model ponzi ini menggunakan para pemodal yang awal mendaftar sebagai promotor. Biasanya operator menerapkan skema piramida. Dengan mengajak member lain akan mendapat reward beberapa persen. Namun setelah dana terkumpul banyak member baru yang berharap mendapatkan keuntungan dari investasi yang mereka tanamkan akan mendapatkan hal sebaliknya. Uang mereka akan lenyap dibawa kabur oleh operator investasi dengan skema ponzi tersebut.

Karakteristik skema ponzi biasanya adalah sebagai berikut;


1. Menjanjikan keuntungan besar yang tidak wajar jika diperhitungkan dengan system akutansi sebuah usaha.

2. Memulai bisnis investasi sebagai perusahaan yang sah dan legal secara hokum.

3. Menggunakan system piramida. Para investor yang menjadi promotor mengajak orang baru dengan janji untung besar. Namun pembayaran keuntungan sebenarnya permainan uang dari anggota baru.

4. Memberikan rencana baru setelah orang tertarik skema keuntungan yang diberikan. Contohya seorang menanam modal satu juta dengan keuntungan 15 % sebulan. Dia akan mendapat keuntungan 150 ribu tiap bulan. Agar uang 150 ribu tidak ditarik maka si operator menawarkan skema accrued atau mengakumulasi keuntungan ditambahkan modal. Si penanam modal berharap akan mendapatkan keuntungan lebih besar di akhir tahun kontrak investasi. Dengan demikian akan menarik para investor lama maupun yang baru.

5. Pembayaran atau penarikan dana mengalami penundaan. Ini adalah tanda-tanda system ini akan menjadi scam ( penipuan). Meskipun bisa ditarik biasanya jumlahnya kecil. Untuk apa dilakukan bisa jadi si Pelaku Ponzi sudah bersiap –siap memindahkan dananya ke tempat lain dan dia siap kabur.



Demikian sekilas apa yang dimaksud dengan PONZI. Semoga memberikan anda pengetahuan sehingga anda lebih hati-hati didalam berinvestasi dan tidak terjebak pada system ini.

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan PONZI"

Posting Komentar

Ads

Ads

Manfaat Buah Nanas Budidaya Buah Nanas
update artikel tentang manfaat buah dan sayur dengan berlangganan di sini gratis !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

jasa blog perusahaan

ShareThis